img
Jakarta - Setelah pabrikan motor Honda mengumumkan akan membangun pabrik baru di Indonesia, kini giliran pabrikan mobil Honda yang bergerak dengan rencana membangun pabrik di nusantara. Investasi pun siap mereka kucurkan.

PT Honda Prospect Motor (HPM) di Kementerian Perindustrian mengumumkan rencana pembangunan pabrik baru mereka di Indonesia dengan dana investasi mencapai Rp 3,1 triliun.

Dihadiri oleh dewan direksi HPM bersama pejabat dari Honda Jepang Honda mengumumkan peningkatan kapasitas pabrik Honda dari sebelumnya 60.000 unit per tahun menjadi 180.000 unit per tahun. Jadi, kapasitas produksi pabrik baru ini besarnya hingga 120.000 mobil per tahunnya.

Pabrik Honda Prospect Motor sendiri saat ini terletak di kawasan Industrti Mitrakarawang, Desa Parungmulya, Jawa Barat, dengan total luas area 512.500 m2, dengan luas bangunan sebesar 97.575,79 m2.

Fasilitas produksi lama tersebut memiliki kapasitas produksi sebesar 60.000 unit mobil per tahun dan telah memproduksi model-model andalan Honda di Indonesia seperti Honda Jazz, Honda CR-V dan Honda Freed.

Beragam fasilitas ada di pabrik Honda mulai dari Stamping, Press, Welding, Painting, Assembling, Vehicle Quality, Road Test, Car Pool, dan Engine Plant.

Selain berproduksi untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik, pabrik Honda yang mempekerjakan sekitar 3.600 karyawan tersebut juga telah mengekspor berbagai komponen mobil seperti komponen mesin seperti Cylinder Head dan Cylinder Block serta komponen mobil seperti Hood Comp, Panel RR Inside, R/L Inside, Skin Hood, Frame Hood hingga produk utuh seperti Honda Freed ke berbagai negara.

“Meskipun Honda tidak dapat menunjukkan performa yang optimal pada tahun lalu akibat keterbatasan pasokan komponen karena pengaruh bencana alam di Jepang dan Thailand, kami percaya bahwa kepercayaan konsumen terhadap produk Honda dan permintaan konsumen yang tetap tinggi serta indikator makro ekonomi yang positif di tahun ini dengan prediksi market total 950.000 unit di tahun 2012 ini, akan mendukung target kami untuk mencapai penjualan sebesar 70.000 unit di tahun 2012," pungkas President Director PT Honda Prospect Motor Tomoki Uchida, di Kantor Kementerian Perindustrian, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Kamis (15/3/2012).

Sumber: Detik.Oto

0 komentar:

Posting Komentar